Thursday, March 17, 2011

Pengobatan Larva Cacing Tambang di Kulit

Pernahkah anda melihat lesi/luka di kulit seseorang yang berbentuk garis berwarna merah dan berkelok-kelok? Luka itu bermula dari satu titik yang kemudian menyebar ke tempat lain. Inilah yang disebut cutaneus larva migrans (CLV).

CLV disebabkan oleh larva cacing tambang yang merayap ke dalam kulit. Ini biasanya menyerang warga yang sering berada di daerah tambang dan memiliki pola hidup yang kurang bersih.


Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kasus seperti ini. Ada seorang lelaki usia 40 tahunan yang datang dengan lesi CLV di bagian paha. Setelah saya konsultasikan ke dokter kulit setempat, akhirnya aku dapat cara penanganan pasien CLV.

Ada beberapa cara pengobatan tentang kasus CLV.
1. Di bakar/dicauter. Ujung lesi di cauter dengan listrik untuk mematikan larva cacing tambang. Menurut referensi yang ada, tindakan ini kurang baik karena belum tentu larvanya kena.
2. Cryotherapy. Daerah lesi didinginkan dengan kloroetil. Tujuannya untuk membekukan larva supaya lesi tidak meluas lagi.
3. Pengobatan obat anti cacing. Banyak obat anti cacing yang beredar di masyarakat. Salah satu yang bisa dipakai adalah ALBENDAZOL TABLET.
Untuk lukanya bisa dikasih Albendazol salep. Kalau tidak ada, bisa dikasih hidrokortison salep. Lama kelamaan, lesi tersebut akan hilang.

Dr. Amrizal Muchtar
Sangatta, 16 maret 2011

1 comment:

apa adanya said...

pk dr.saya dri bengkulu saya terkena kasus CLV saya bingung udh berobat kedokter di bri obat chloride spray msih jga belum sembuh lalu say ke dr bedah dh di bersikan di kasih obat cacing jga tpi sampai sekarang belum sembuh jga apa yg harus saya lakukakan ini udah 3 minggu fisik saya jdi menurun dan nafsu makan saya gk ada trims ya Dr.

Menghapal tanpa tahu artinya tak termasuk mempelajari Alquran

Menghafal Tanpa Tahu Artinya, Tak Termasuk Mempelajari Al-Qur’an!  ibtimes.id/menghafal-tanpa-tahu-artinya-tak-termasuk-mempelajari-al-quran...